FORMAT FILE MS WORD

Sebelumnya saya mohon maaf kalau artikel ini salah dalam penyampaian atau tidak jelas sama sekali dan bagi para pakar dan ahli Microsoft Office Word silahkan beri masukkan jika artikel yang saya tulis ini kurang atau salah, dikarenakan artikel ini saya tulis untuk para newbie (baca:pemula). Sebenarnya konversi format file ini tidak hanya ada pada Microsoft Office Word saja, misalnya: AutoCAD, Corel Draw, dan software lainnya. Hanya saja pengguna awam tidak peduli dan tidak mau tahu karena mereka memiliki software terbaru dan bagi mereka "Ketik Print Jadi".

Banyak hal tersebut terjadi dikehidupan Anda sehari-hari apalagi dilingkungan saya (baca: lingkungan kampus). Dimulai dari Dosen, Asisten Dosen, Karyawan dan Mahasiswa (baca:saya juga) sering meninggalkan hal sepele ini. Dosen: "Kamu kalau assistensi bawa laptop sendiri yach?Soalnya software saya terbaru jadi kamu harus punya software terbaru saya!", Mahasiswa: "Baik pak, saya akan cari software terbaru tersebut agar file-nya bisa terbuka". Sangat tragis memang jika keadaannya seperti demikian. Artikel konversi pernah saya tulis untuk software AutoCAD dan sekarang saya akan membahasnya untuk Microsoft Office Word.

Microsoft Office Word sekarang sudah mencapai versi 2008 dengan muncul-nya Windows 7. Tetapi dalam proses penyimpanan tetap sama saja, walaupun versi tercanggih file yang dihasilkan tetap bisa dibuka di versi yang lebih rendah. Saya akan menggunakan Microsoft Office Word 2007 untuk contoh berikut. Persiapkan mental Anda guna memahami artikel yang saya tulisLaughing.

Saya akan memberi tiga cara dalam proses penyimpanan file Microsoft Office Word, yang pertama, Anda akan menyimpan seperti biasa dan merubah Save as type menjadi Word 97-2003 Document. Anda bisa melihat gambarannya seperti gambar dibawah.

saveastype

Kenapa saya harus merubahnya ke format Word 97-2003 Document?Dengan kita menggunakan Word versi terendah maka file Word Anda akan bisa kita bawa kemana-mana, Di copy ke komputer teman, rekan kerja, dosen dan lain sebagainya.

Sekarang saya akan mencontohkan dengan cara ke dua yang juga sangat simpel. Microsoft Office Word 2007 telah membuatkan menu Save As dengan format Word 97-2003 Document. Buka Word 2007 Anda dan arahkan mouse Anda ke Office Button yang ada di kiri atas jendela Word 2007 Anda. Arahkan saja mouse Anda pada Save As dan pilih Word 97-2003 Document.

saveasword97

Maka secara otomatis Save as type Anda akan berubah dengan sendirinya ke format Word 97-2003 Document seperti gambar di bawah

972003

Beri nama file Anda dan klik Save, mudah bukan?Tetapi ada cara yang lebih efisien di banding kedua cara di atas yaitu dengan men-setting Word 2007 Anda agar selalu menyimpan kedalam format Word 97-2003 Document dengan sekali klik save saja. Bagaimana caranya?Akan saya tunjukkan kepada Anda. Buka Word 2007 Anda seperti biasa dan arahkan mouse Anda ke Office Button dan langsung pilih Word Options

toolwordoption

Maka Anda akan langsung dibawa ke jendela Word Options dan langsung arahkan ke menu Save dan rubah Save files in this format yang sebelumnya Word Document (*.docx) menjadi Word 97-2003 Document (*.doc)

wordoptionsave

Setelah settingan Anda selesai klik OK! Maka setiap kali Anda melakukan proses penyimpanan, Anda tidak perlu lagi menggunakan save as dan merubah save as type lagi. Karena Word 2007 akan secara otomatis menyimpankan file tersebut dalam format Word 97-2003 Document dan Anda tidak perlu kawatir lagi jika di copy ke komputer rekan Anda yang memiliki versi Microsoft Office Word lebih rendah.

Catatan:

Proses penimpanan ini adalah proses sederhana tanpa adanya style yang dipergunakan. Jika Anda memberikan style yang dimiliki oleh Word 2007 maka jika di simpan dalam format yang lebih rendah akan menyebabkan document kita berantakan tidak karuan dikarenakan Word 97-2003 tidak memiliki kemampuan seperti apa yang dimiliki oleh Word 2007. Jika memang dilingkungan Anda hanya terdapat Word 2007 maka sebaiknya tidak usah merubah format menjadi Word 97-2003.

Semoga secuil artikel dari saya mengenai Microsoft Office Word ini dapat membantu rekan-rekan saya dan begitu juga Anda yang baru mengenal Microsoft Office Word dalam proses penyimpanan. Semoga setelah artikel ini saya publikasikan dapat dipahami dan dimengerti oleh para pembacanya agar hal seperti proses penyimpanan tidak menjadi sebuah perdebatan dan kebingungan.

0 Responses