Hujan Meteor Geminid Yang Terjadi Tanggal 13-14 Desember 2009

Ingin melihat hujan meteor, tunggu saja 13 – 14 Desember 2009 mendatang. Di tanggal itu diperkirakan hujan meteor geminid bakal terjadi. Hujan meteor Geminid merupakan peristiwa yang terjadi tahunan dan dianggap paling memberikan pertunjukkan yang memuaskan.

Dua ahli astronomi David Levy dan Stephen Edberg menulis bahwa jika belum melihat pertunjukan bola api geminid ini menyeberangi langit, maka berarti anda belum pernah benar-benar melihat meteor.

Meteor Geminid memang dinamai dari zodiak perbintangan gemini si kembar, sebab meteor ini muncul berasal dari sebuah titik di langit dekat bintang terang castor di gemini. Studi menunjukkan bahwa “Gems” julukan Gemini memang memiliki reputasi yang kaya, termasuk di dalamnya lambat, terang, meteor yang menakjubkan.

Kecepatan mereka termasuk menengah yakni 22 mil per detik (35 Kps). Gemini terang dan putih, namun tidak seperti perseids,
mereka meninggalkan jejak jalur dan rentetan perjalanannya. Geminid dianggap memiliki empat kali ketebalan dibandingkan meteor lain.

Geminid memang memberikan pertunjukan setiap tahun, namun ahli astronomi Inggris Alastair McBeath mengategorikan tahun 2009 sebagai tahun terbaik. Tahun lalu pertunjukannya memang terhalangi oleh bulan. Namun tahun ini bulan akan memulai fase barunya pada 9 Desember pada puncak malam.

Menurut McBeath, Gemini diprediksikan akan mencapai puncak aktivitasnya pada 14 Desember 16.45 GMT. Gemini biasanya mulai muncul lebih dari hitungan jam setelah pukul 22.00 malam waktu setempat, sebab pertunjukkan sebenarnya telah dimulai di langit sebelah timur yang tinggi. Pemandangan terbaik, adalah sekitar pukul 02.00 ketika pancaran sinarnya nampak begitu jelas dan terang.

Jika memang beruntung, maka pada tanggal 13 Desember malam hingga 14 Desember dini hari, maka Anda bisa melihat hujan meteor Gemini ini.

0 Responses